Sabtu, 09 Maret 2013

Sejarah 3D MAX

SEKILAS

3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.


DETAIL
3D Studio Max, biasa di sebut 3ds Max atau hanya Max saja. Perangkat lunak (software) yang sangat powerfull bila digunakan untuk rendering, pembuatan karakter mahluk atau objek standard dalam bentuk 3 dimensi, sekaligus animasinya. 3ds Max merupakan software yang paling populer dalam pembuatan objek 3 dimensi di banding software lain yang sejenis karena fitur-fiturnya yang lengkap sekaligus cara penggunaannya yang mudah (user friendly). Software ini banyak sekali digunakan di berbagai bidang mulai dari arsitektur, interior, desain grafis, desain produk, film, sampai ke dunia broadcast.




Sekarang banyak software sejenis yang beredar, tiap produk (software) memiliki kelebihanya sendiri-sendiri. 3DS Max selain kemampuanya membuat model dan gerakan animasi juga bagus dalam tekhnik pencahayaan dan rendering, apalagi ada tambahan Plug-in dengan nama V-ray Renderer yang bisa bikin hasil jauh lebih realistic. Ada yang namanya Z Brush software 3D yang sanggup mengejar detail model paling abstrak sekalipun, ada AutoCad dengan akurasi ukurannya, Blender dengan fitur yang tidak kalah bagus tapi juga free (gratisan), Poser bikin mudah membuat animasi gerakan dan masih banyak lagi yang bila di liat dari kebutuhan di masing-masing bidang (arsitektur, desain grafis, perfilman dll) software 3D akan terus berkembang. Oleh Karena itu tidak ada ruginya menguasai lebih dari satu software 3D, karena biasanya satu software membutuhkan software yang lain untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.



Metode pemodelan


Ada 5 metode pemodelan dasar:


*       Pemodelan dengan primitif


*       NURMS(subdivision surfaces)


*       Surface tool

*       NURBS
*       Pemodelan polygon

Pemodelan dengan primitif

Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, "cone", silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan balon".

Mental Ray

 

Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu "Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.
Sebagai contoh hasil dari 3D MAX. ini dia...














































Masih Banyak Gambar hasil dari Amazing of 3D MAX, 

0 comments:

Posting Komentar